Uncategorized

MENGETAHUI WAKTU HIDUP EFEKTIF (WHE)

Andaikan anda mengetahui berapa lama lagi sisa “waktu hidup efektif “ anda, apa yang anda akan lakukan dengan sisa waktu itu? Apakah akan melakukan sesuatu yang berbeda untuk mengisi hidup anda?

Jawaban atas pertanyaan itu tentu sangat berhubungan dengan apa yang telah kita lakukan atau apa yang telah kita perbuat terhadap hidup kita sebelumnya? Kalau kita merasa sudah banyak berbuat yang bermakna terhadap diri kita,orang lain,lingkungan kita dan bahkan negara,maka kita sudah bisa mengatakan saya telah menemukan tujuan hidup saya atau The purpose of Life. Dengan kata lain kalau kita sudah bermakna terhadap kehidupan itu sendiri,maka kita pantas disebut sudah menghidupkan kehidupan dalam hidup. Nah sekarang mari kita renungkan gambar berikut ini, berapa lama sisa waktu efektif kita yang bisa kita gunakan untuk bermakna terhadap kehidupan itu sendiri

Waktu Hidup Efektif (WHE) =  Sisa waktu hidup – waktu tidur –  waktu kerja

                                                            =  ……………………………………………………

Cara menghitung :

  1. Tulis berapa usia anda saat ini
  2. Tentukan ,Misalnya Jika Tuhan mengijinkan ,anda ingin hidup sampai usia berapa?
  3. Kurangkan jawaban no 2 ke no 1 ,maka anda mendapatkan “ sisa” waktu hidup
  4. Tetapkan misalnya sehari tidur berapa jam? Secara umum 8 jam .Berarti ini adalah 1/3 dari 24 jam atau 1/3 dari waktu anda
  5. Tetapakan sehari anda bekerja berapa jam? Misalnya 8 jam ,berarti 1/3 dari 24 jam atau 1/3 dari waktu anda
  6. Selanjutnya masukkan angka-angka yang telah didapat ke dalam persamaan di atas

Contoh :

Misal usia anda saat ini 40 tahun,dan anda ,Jika Tuhan mengijinkan ingin hidup sampai 80 tahun,maka sisa waktu hidup anda adalah 80 – 40 = 40 tahun.

Masukkan ke persamaan di atas :

Waktu Hidup Efektif (WHE) =  Sisa waktu hidup – waktu tidur –  waktu kerja

     = 40 – 1/3 x 40  – 1/3 x 40      = 13,32 tahun

waktu yang bisa anda nikmati  atau waktu hidup efektif ,hanya sekitar 13 tahun,nah dengan waktu yg relatif singkat ini ,apa yang anda akan lakukan? Apakah  melakukan yang berbeda untuk mengisi hidup anda ? dengan kata lain apakah melakukan sesuatu untuk menghidupkan kehidupan dalam hidup? Sehingga dengan begitu ,saat anda dipanggil Tuhan  kelak ,ada banyak orang yang merasa kehilangan,dengan komentar komentar mereka saat datang dipemakaman untuk memberikan penghormatan terakhir kepada anda?

Tentu kalau kita disuruh memilih, pastilah komentar-komentar positip yang kita inginkan diucapkan orang- orang yang datang melayat ,saat mereka berdiri didekat jenazah kita bukan ?  

atau doa suami/istri anda , “Ya Tuhan ,terima kasih karena telah memberkahi saya  dengan seorang pasangan hidup,soulmate, rekan seperjalanan hidup.ayah/ibu dari putra putri yang begitu luar biasa. Saya sedih karena  Engkau memanggil suami/istri saya padahal saya masih membutuhkannya. Namun saya ikhlas dan bersyukur karena telah mendapat kesempatan berbagi hidup ,cinta,kasih sayang dan kebahagiaan dengan suami/istri saya  . Semoga Engkau bisa menerimanya di sisiMU. Selamat jalan sayangku. Doa dan cintaku menyertai kepergianmu. Engkau selalu hidup di hatiku dan engkau telah menghidupkan kehidupan dalam hidupku, sampai kita bertemu lagi ,Amin.”

Atau apakah komentar ini yang datang saat melayat?

” untung dia cepat pergi, sudah sekian tahun saya menderita gara-gara ulahmu, harusnya lebih cepat pergi lebih baik “

kedua jenis komentar itu sangat berkaitan dengan apa yang telah kita perbuat untuk kehidupan itu sendiri ,sudahkah menjadi The purpose of life?

untuk itu marilah berbuat yang bermakna bagi kehidupan itu sendiri disisa waktu hidup efektif kita. Waktu hidup efektif akan meningkat bila kita “ melakukan apa kita suka dan menyukai apa yang kita lakukan

Sebagai penutup dari tulisan ini ,saya akhiri dengan kalimat Mutiara “

When you were born you cried and the  world rejoiced

     Live your life in such a manner that when you die

           The world cries and you rejoice

Saat anda dilahirkan ,anda menangis dan dunia bersorak gembira.

Jalani hidup anda dengan penuh makna sehingga saat anda meninggal, dunia akan menangis dan anda yang bersorak gembira

*Semoga tulisan ini menambah kebermaknaan kita dalam kehidupan*   

Sumber : Quantum Life transformation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *